Liburan Menyenangkan Tanpa Biaya Mahal

AKHIR 2009 hampir tiba. Saatnya merencanakan liburan yang berkesan. Tak harus menguras kantong, dengan biaya terbatas pun Anda bisa tetap berlibur bersama keluarga.

Semua orang tahu, liburan tanpa bepergian ke tempat-tempat wisata rasanya akan terasa kurang sempurna. Tak heran, menjelang libur akhir tahun, masyarakat mulai mencari-cari berbagai alternatif tempat hiburan yang bisa dikunjungi.

Tentu saja, berbeda dengan liburan besar lainnya, liburan akhir tahun kerap dihabiskan setiap orang dengan berkumpul dan berwisata bersama keluarga. Keinginan ini tentu saja langsung direspons cepat oleh para pengelola tempat wisata.

Mereka berbondong- bondong membuat program akhir tahun yang bisa dinikmati semua orang dan seluruh keluarga. Tak hanya kalangan yang memiliki bujet besar untuk liburan, tapi juga untuk keluarga dengan bujet liburan yang terbatas.

Taman Wisata Mekarsari

Contohnya saja Taman Wisata Mekarsari (TWM). Taman wisata di kawasan Bogor ini menawarkan banyak kegiatan menarik, baik untuk anak-anak maupun orangtua. Mereka juga bisa memilih ingin mengikuti kegiatan yang tidak dipungut biaya atau yang membayar.

Lewat tema “Negeri Impian Anak”, TWM mencoba memberikan pelayanan spesial bagi anak-anak yang berkunjung ke tempat wisata ini. Pelayanan tersebut bahkan sudah bisa dirasakan saat pengunjung menginjakkan kaki di taman ini.

Misalnya saja, mulai 18 Desember 2009?3 Januari 2010, pengunjung yang berusia 10 tahun ke bawah tidak diharuskan membayar tiket masuk. Kemudian, setiap harinya, tersedia bingkisan menarik bagi 1.000 pengunjung pertama.

Begitu masuk lokasi taman, anak-anak bisa menikmati berbagai kegiatan menarik di area festival poin. Di sini akan ada berbagai stan permainan, makanan, dan minuman.

Stan permainan yang bisa dicoba di sini di antaranya bermain flying fox, balon raksasa, bahkan juga belajar bermain sulap, menjadi MC, dan menjadi penyiar radio.

Bagaimana dengan orangtua atau pengunjung dewasa? Mereka juga tak luput dari perhatian para pengelola. Untuk mereka, ada Greenland Tour, yaitu paket-paket tur mengunjungi tanaman atau kebun cokelat, kopi, melon, salak, belimbing; dan yang menarik, durian.

“Iya, musim liburan ini bertepatan dengan panen raya durian. Jadi, pengunjung bisa mengikuti paket tur panen durian. Para peserta akan diajak berkeliling ke kebun wisata durian, melihat budi dayanya, kemudian bisa memakan durian sepuasnya,” ujar Kepala Seksi Promosi Taman Wisata Mekarsari Yuliati.

Untuk paket ini, peserta diwajibkan membayar Rp100.000 per orang. Sementara untuk paket wisata kebun cokelat plus kopi, cukup membayar Rp50.000. Turnya sendiri akan berlangsung selama satu jam, dan setiap tur selesai akan ada tur berikutnya pada hari yang sama.

Bagi yang ingin sedikit mencicipi rasanya berkemah, silakan mengambil paket Family Camp. Dalam program ini, peserta bisa merasakan berkeliling wilayah perkemahan, barbekyu, dan menikmati api unggun pada malam hari. Untuk menikmatinya, cukup sediakan biaya Rp350.000 untuk lima orang, dengan lama berkemah dua hari satu malam.

Ancol

Tentu saja, Taman Impian Jaya Ancol sebagai tempat hiburan besar terpadu di Jakarta, juga menyediakan serangkaian pertunjukan spektakuler untuk menyambut liburan akhir tahun. Untuk tahun ini, dua pertunjukan besar akan diadakan, yaitu Wolverine dan Scorpion Pirates. Wolverine, yang akan dipertontonkan di Dufan, adalah pertunjukan aksi dengan persiapan yang matang.

Dari stuntmen profesional, skenario, peralatan hingga efek khusus digarap dengan baik untuk memuaskan penonton. Sedangkan Scorpion Pirates yang disajikan di Gelanggang Samudera, adalah sebuah water stuntmen show yang dilakukan di luar ruangan.

Dua pertunjukan ini bisa disaksikan mulai 12 Desember sampai 3 Januari 2010. Di luar itu, ada pula pameran “Jakarta Contemporary Ceramics Biennale 1”, yang digelar di Galeri North Art Space di Pasar Seni mulai 19 Desember 2009?20 Januari 2010.

Selain diikuti perupa dalam negeri, pameran keramik ini akan diisi berbagai perupa dari Malaysia, Filipina, dan Thailand. Untuk pengunjung remaja, ada lomba “Jakarta Bebas Styrofoam” pada 13 Desember, pukul 08.30? 15.30 WIB.

Acara akan diisi dengan lomba produk daur ulang, lomba cerita, lomba majalah dinding, foto cerita, dan lain-lain. Terakhir, tentu saja ada pesta kembang api yang megah pada 31 Desember. Pesta kembang api akan dihelat di tiga tempat sekaligus, yaitu di Pantai Carnaval, Pantai Festival, dan Putri Duyung Cottage.

Pantai Carnaval akan menjadi pusat dari perayaan dengan pertunjukan musik yang diisi artis populer seperti Nidji, Ungu, The Changcuters, The Massive, dan ST 12. Sedangkan di Pantai Festival diisi Roma Irama, Ridho Rhoma, artis KDI, dan band Wali.

Menginap di tepi pantai

Jika pengunjung ingin menghabiskan malam Tahun Baru dalam suasana santai di pantai, hotel di kawasan Ancol juga menyediakannya. Misalnya saja Hotel Mercure Convention Centre Ancol. Untuk Tahun Baru, hotel ini menyediakan paket menginap dua malam (30 Desember? 1 Januari 2010) dengan berbagai acara menarik.

Untuk 31 Desember, ada acara bertema “Calypso Night”. Ini adalah acara pesta makan malam dengan ditemani suguhan penampilan Maia, modern dance, live band, dan sulap

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: