Pemda DKI Inspeksi Fasilitas Tempat Hiburan

JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo mewajibkan kepada seluruh pengelola tempat hiburan agar memeriksa kembali sistem keamanan gedungnya. Hal ini berkaitan dengan kebakaran yang menimpa sebuah karaoke di Medan.

Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo mengatakan, dirinya memerintahkan lima wali kota, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Satpol PP, Dinas Pengawasan dan Penertiban Bangunan (P2B), Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana untuk melakukan pengecekan terhadap semua kelengkapan dan sistem keamanan tempat industri hiburan.

Pihak yang berwenang di atas juga diperintahkan untuk berkoordinasi dengan Polda Metro Jaya guna memeriksa kelengkapan seperti sistem pemadam kebakaran serta pintu darurat.

“Perintah ini saya sampaikan terkait dengan kebakaran yang menimpa tempat karaoke di Medan. Saya tidak ingin kejadian yang sama terjadi di Jakarta,” tegasnya di Jakarta, Minggu (6/12/2009).

Gubernur pun menandaskan agar evaluasi sistem keamanan dilakukan secara berkala. Sementara jika dalam pemeriksaan pengelola tempat hiburan terbukti tidak melengkapi sistem keamanannya secara benar akan diberikan sanksi tegas.

Kepala Seksi Pengaduan dan Sanksi Dinas Penertiban dan Pengawasan Bangunan (P2B) DKI Jakarta Syahrudin mengklaim bahwa seluruh bangunan yang telah mengantongi IMB di Ibu Kota telah memenuhi syarat keselamatan dan keamanan. Namun dirinya tidak menampik kalau bangunan tua masih banyak yang diragukan keamanannya. “Dengan adanya perintah Gubernur kami akan intensifkan lagi pemeriksaan di seluruh bangunan di Jakarta,” katanya.

Disebutkan, pengawasan terhadap bangunan di Jakarta sangat ketat. Pasalnya, selain IMB juga ada Izin Penggunaan Bangunan (IPB) yang mesti dipunyai pemilik gedung. Ketika masa berlaku keduanya habis yakni bangunan rumah tangga selama lima tahun dan bangunan nonrumah tangga selama 25 tahun maka akan dilakukan pemeriksaan kembali.

“Jika dalam pemeriksaan ulang tersebut pengelola tidak meningkatkan sistem keselamatannya maka izin akan dicabut,” ancamnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: