Menanti Semerbak Teh Indonesia di Hongkong

HONGKONG, KOMPAS.com — Pemerintah Indonesia, melalui Konsulat Jenderal Hongkong, sedang mendorong potensi bisnis teh dari Indonesia ke Hongkong melalui penjualan langsung.

Konsul Ekonomi Konjen Hongkong Dicky Soerjanatamihardja mengatakan, potensi bisnis teh dari Indonesia sangat besar karena pasarnya bukan hanya di Hongkong, tetapi juga China. Mulai tahun ini, pemerintah mengupayakan perintisan direct selling teh Indonesia ke Hongkong melalui berbagai negosiasi hingga pameran.

Pasarnya sangat menjanjikan karena Hongkong menjadi salah satu wilayah di dunia dengan konsumsi teh hitam terbesar dan budaya minum teh menjadi penting di sini.

“Kita tidak menyadari potensi pasar Hongkong sebagai salah satu konsumen teh hitam terbesar di dunia. Selama ini kita hanya mengekspor ke Belanda dan Inggris. Tahun ini kita mendorong teh masuk ke Hongkong dan China,” tuturnya ketika ditemui Kompas.com dan Jakarta Post di booth Konsulat Jenderal Indonesia di World SME Expo dan Inno Design Tech Expo di Hongkong Convention and Exhibition Centre, Kamis (3/12).

Dicky mengatakan, selama ini teh Indonesia sering dimanfaatkan oleh perusahaan-perusahaan besar. Dibeli dari pelelangan dengan harga murah dan diberi merek perusahaan tersebut.

Namun, dari pengalaman sejak awal tahun ini, lanjutnya, direct selling membuka kesempatan menjual teh murni dengan harga di atas rata-rata harga lelang. Saat ini, ungkap Dicky, pelakunya baru perkebunan PTP yang mengirimkan paling tidak empat kontainer setiap bulannya, baik jenis teh hijau maupun teh hitam.

Untuk tahun 2010, Dicky enggan mengungkapkannya. Menurutnya, Konsulat hanyalah fasilitator. Perusahaanlah yang berhak menetapkan target penjualan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: