DKI Segera Bangun Taman Khusus untuk Demo

JAKARTA – Pemprov DKI Jakarta akan membangun taman khusus untuk aksi unjuk rasa yang dapat menampung hingga 10.000 demonstran.

Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo mengatakan, taman tersebut rencananya dibuat di kawasan Monas, Jakarta Pusat. Tepatnya di depan pertemuan Jalan Medan Merdeka Selatan dan Jalan Medan Merdeka Barat. Sebanyak 10.000 orang boleh berdemonstrasi di sini asal ada izin dari pihak kepolisian.

Gubernur melanjutkan, desain rancang bangun taman saat ini tengah dibuat. Nantinya pintu gerbang dilokasi tersebut akan dimundurkan antara 50 hingga 100 meter sehingga areal taman makin luas. Pemprov juga akan membangun panggung tetap agar pendemo dapat berorasi ataupun menampilkan aksi teatrikal dan musik.

“Kami buat taman ini agar demonstrasi tidak dilakukan lagi di Bundaran HI karena tepian air mancurnya banyak yang rusak diinjak-injak,” jelasnya di Jakarta, Minggu (6/12/2009).

Tempat untuk unjuk rasa perlu diganti dari bundaran HI. Pasalnya, gelaran demonstrasi yang mengundang banyak massa telah merusak ornament di sekitar air mancur. Entah itu tepian beton yang pecah maupun alat penyemprot air mancur yang mampat karena tersumbat sampah plastik.

Gubernur pun yakin idenya akan diterima masyarakat. Lantaran taman khusus demo di Monas letaknya tidak kalah strategis dengan Bundaran HI. Keramaian yang dicari demonstran juga tidak kalah dengan yang ada di HI. “Kami akan bangun dalam waktu dekat. Yang jelas taman ini untuk kepentingan bersama dan bukan pribadi,” tandasnya.

Seperti diketahui, Fauzi Bowo pernah melarang area Bundaran HI untuk acara unjuk rasa yang sifatnya eksesif atau berlebihan seperti mendirikan panggung pada Minggu, 29 November lalu. Dirinya berpendapat Bunderan HI adalah ruang publik yang harus dijaga kebersihan dan keindahannya. Jika kegiatan non kemasyarakatan itu dibiarkan saja maka dirinya khawatir air mancur seharga Rp14,2 miliar tersebut akan kumuh.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: