Manfaatkan Antioksidan Alami untuk Menunda Penuaan Dini

MEDAN, KOMPAS.com — Pemanfaatan bahan antioksidan dan bahan pengawet alami kini dan untuk masa yang akan datang tidak hanya digunakan untuk bahan makanan, tetapi berguna menunda penuaan dini yang disebut dengan anti-aging.

Guru besar Universitas Sumatera Utara (USU) Bidang Ilmu Kimia Analitik pada Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA), Prof Dr Pina Barus, di Medan, Minggu (4/10), sebagaimana dikutip Antara mengatakan, terdapat kaitan erat status kesehatan dan usia harapan hidup manusia dengan pola konsumsinya.

Beberapa contoh terkait dengan pola konsumsi yang berkaitan dengan usia harapan hidup ini dapat dilihat pada negara dengan mayoritas penduduk berusia panjang seperti Jepang.

Masyarakat Jepang banyak mengonsumsi makanan yang kaya akan antioksidan, seperti kacang-kacangan, sayur, buah, serta kebiasaan minum teh hijau hingga jarang sakit jantung.

Begitu juga dengan masyarakat Eskimo yang hidupnya tidak lepas dari konsumsi ikan, jarang mengonsumsi susu fermentasi, ternyata mempunyai rata-rata usia yang lebih panjang.

Antioksidan berfungsi mengatasi atau menetralisasi radikal bebas dan melindungi tubuh dari beragam penyakit, termasuk penyakit degeneratif pada usia lanjut, seperti arteriosklerosis, demensu penyakit alzheimer, serta membantu menekan proses tua.

Antioksidan dapat menetralisasi radikal bebas sehingga atom dengan elektron yang tidak berpasangan mendapat pasangan elektron dan tidak liar lagi.
Peran positif dari antioksidan adalah membantu sistem pertahanan tubuh bila ada unsur pembangkit penyakit memasuki dan menyerang tubuh.

Menurut dr Pina Barus, proses tua tidak dapat dielakkan dalam kehidupan setiap manusia. Berbagai upaya dilakukan oleh manusia untuk mencegah terjadinya proses tua, tetapi itu semua tidak dapat menghentikannya, hanya bersifat memperlambat.

Proses tua menjadi bagian dari perjalanan hidup manusia, ibarat mesin yang terus bekerja, suatu saat akan aus dan menjadi rusak.

Hal yang utama, yaitu menjaga agar mesin tersebut tidak menjadi cepat rusak dan mengoptimalkan fungsi dan kapasitas sesuai dengan kondisinya. Proses tua yang dialami manusia ibarat momok yang sangat menakutkan baik bagi laki-laki maupun perempuan, dan mau tidak mau hal tersebut tetap terjadi sesuai dengan pertumbuhan usia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: