Fisik Pemain Timnas Alami Kemajuan

JAKARTA, Kompas.com – Kondisi fisik para pemain tim tenis Indonesia yang dipersiapkan ke SEA Games Laos 2009 mengalami kemajuan dalam dua bulan terakhir. Hal ini diungkapkan pelatih tenis Indonesia, Robert Ballard.

“Dalam dua bulan terakhir ada kemajuan fisik para pemain karena kami benar-benar fokus dalam pembenahan fisik mereka pada empat pekan terakhir,” ujar Robert di Jakarta, Senin (30/11).

Robert mengatakan, pada keikutsertaan para petenis dalam beberapa turnamen tingkat nasional dalam dua bulan terakhir seperti turnamen Sportama Garuda Indonesia dan Xpro, pihaknya hanya fokus memperhatikan fisik pemain. Bahkan, mereka terus memantau berat badan pemain saat sebelum maupun sesudah bertanding.

Tim tenis yang dipersiapkan PB Pelti ke SEA Games Laos 2009 adalah Ayu Fani Damayanti, Lavinia Tananta, Jessy Rompies dan Sandy Gumulya. Sedangkan putra terdiri atas Christopher Rungkat, Nesa Arta, Sunu Wahyu Trijati dan Surya Wijaya yang merangkap sebagai pelatih.

Di SEA Games XXV nanti, tim tenis Indonesia ditargetkan meraih dua medali emas.

Robert mengatakan, dirinya benar-benar memfokuskan perhatian kepada kondisi fisik dan mental para pemain, sedangkan pelatihan teknik merupakan wewenang Robert Davis.

“Kami berupaya untuk membangun mental mereka agar fokus dalam menghadapi pertandingan-pertandingan yang berat di Laos nanti. Dalam hari-hari terakhir ini kami sedang memantau kondisi terbaiknya,” ujar Robert yang berasal dari Melbourne, Victoria Australia.

Untuk upaya ke arah itu, lanjutnya, sebagai anggota tim pelatih ia lebih fokus kepada pemulihan kesehatan (recovery) setiap kali petenis usai bertanding.

Indikator paling sederhana dalam memantau kondisi atlet adalah memonitor tingkat kekurangan cairan (dehidrasi) pada tubuh atlet. Pasalnya, kekurangan cairan bisa membuat konsentrasi petenis sering buyar saat bertanding.

“Contohnya saat di pertandingan final Turnamen Garuda Indonesia Tennis Masters, tubuh Christopher Rungkat dan Nesa Arta mengalami kekurangan tiga liter cairan. Jelang keberangkatan ke Laos kita harus pastikan mereka rajin meminum air dengan kandungan karbohidrat dan elektrolit dalam batas minimal karena di Laos nanti akan lebih panas,” ujarnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: