Perawatan Kulit Kering

Sebelumnya mari kita meneliti, apa saja yang bisa menyebabkan kulit menjadi kering..
Ada beberapa faktor yang menyebabkan kondisi kulit, terutama wajah, menjadi kering:

Hormonal/Usia
Beberapa orang memang punya kecenderungan memiliki kondisi kulit yang kering. Umumnya, mereka yang berusia diatas 35 tahun, perlahan namun akan mengalami kondisi kulit yang cenderung untuk menjadi kering. Oleh karena itulah, mereka yang berusia di atas 35 tahun disarankan untuk menggunakan rangkaian kosmetik yang mengandung pelembab yang tinggi untuk membantunya mengatasi kulit yang kering.

Pola makan yang salah
Saat ini, orang memiliki kecenderungan untuk mengkonsumsi makanan siap saji.  Kurangnya asupan makanan bergizi seringkali menjadi awal rusaknya jaringan kulit. Kenapa..??? Karena, regenerasi sel kulit yang baik didukung oleh kandungan vitamin yang kita peroleh melalui makanan yang kita asup setiap hari. Nah, apabila pola makan kita salah, bagaimana tubuh dapat memperoleh asupan vitamin yang dibutuhkan?

Kekurangan vitamin E
Sebagian besar orang paham bahwa vitamin E adalah vitamin sakti karena fungsinya yang beraneka ragam. Mulai dari sebagai zat antioksidan yang digunakan untuk menahan serangan radikal bebas yang membuat rusak sel-sel tubuh hingga mencegah degenerasi saraf penglihatan mencegah kerusakan sel-sel saraf, meningkatkan gairah seksual, mempertahankan imunitas dan menguatkan sel-sel darah putih. Saktikan vitamin E ini..??
Jadi, jangan ragu untuk mengkonsumsi semua jenis makanan yang mengandung vitamin E karena memang vitamin ini sangat baik hati dalam menjaga kelembaban kulitmu.

Kekurangan cairan
Manusia membutuhkan cairan kurang lebih 2 liter setiap hari. Apalagi mereka yang kerja di ruangan ber-AC, maka meskipun tidak merasa haus, tubuh sebenarnya mengalami dehidrasi ringan. Nah, ketika seseorang mengalami dehidrasi/kekurangan cairan, kulitnya akan terasa kering dan bersisik yang disebabkan karena menurunnya kelembaban pada kulit.

Merokok/minum minuman beralkohol
Rokok dan minuman yang mengandung alkohol juga dapat mempengaruhi kondisi kulit. Keduanya membuat kulit cenderung menjadi kering dan bersisik. Oleh karena itu, sejak dini hindari mengkonsumsi keduanya.

Penggunaan produk kosmetik yang salah

Penggunaan kosmetik yang tidak tepat dapat membuat kondisi kulit menjadi kering. Itulah mengapa kita harus memperhatikan betul kondisi kulit kita sebelum menentukan apa yang terbaik untuknya. Konsultasikan dengan orang yang lebih ahli, bukan berdasarkan pendapat orang-orang yang menggunakan suatu produk. Salah kaprah orang dalam menentukan produk kosmetik untuk digunakannya adalah karena melihat bahwa produk ini atau produk itu digunakan oleh banyak orang dan terbukti sekian persen aman. Ini adalah cara menilai yang salah kaprah..!!!  Pilih produk yang kandungannya terbukti baik dan berkualitas tinggi. Selain itu, pilih yang sesuai dengan kondisi kulit.

Bagi yang sudah terlanjur memiliki kondisi kulit yang cenderung kering, cobalah beberapa langkah berikut:
Hindari rokok dan minuman/makanan/produk perawatan kulit yang mengandung beralkohol
Minum air putih/mineral minimal 2 liter setiap hari
Bersihkan wajah dua kali sehari dan jangan pernah lupa untuk menggunakan pelembab
Scrub dan masker wajah dengan bahan2 yang bisa melembabkan kulit

Berikut adalah beberapa buah2-an yang bisa digunakan sebagai masker maupun dikonsumsi langsung karena mengandung zat2 yang baik dalam menjaga kelembaban kulit.
alpukat
kiwi
madu
aloe
buah merah

Untuk scrub:
Campur 1 sdt oat yang sudah dihaluskan dengan 1 sdm madu dan 1 sdm yogurt. Aduk rata lalu gunakan sebagai scrub untuk membersihkan kulit dari kotoran2 yang mungkin masih tertinggal di kulit. Gunakan 1 kali dalam 1 – 2 minggu.

Untuk masker:
2 sdm alpukat atau kiwi dihaluskan. kemudian campur dengan 1 sdm madu dan 1 sdm putih telur. aduk rata. oleskan pada wajah yang sudah dibersihkan. diamkan selama 15 menit. bersihkan hingga benar2 bersih.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: