10 TIPS TIDUR YANG BAIK

Apabila kamu memiliki masalah tidur, ubah kebiasaan tidur kamu.

Apakah belakangan ini kamu resah? itu membuat tidur kamu tidak puas. Banyak banged faktor yang mempengaruhi kurang tidur, faktor2 itu berbeda tiap orang. Gak ada salahnya mencoba tips untuk bisa tidur dengan pulas dan nyaman:

  • Pergilah tidur dan usahakan pada waktu yang sama tiap harinya. Dengan tidur yang teratur dapat menguatkan tubuh kamu, dan pada saat bangun tidur tubuh merasa lebih baik.
  • Jangan makan atau minum dalam jumlah banyak sebelum tidur. Makan malamlah 2 jam sebelum tidur. Apabila kamu mudah mengalami panas dalam perut, hindari makanan pedas juga berlemak itu hanya dapat memperparah dan mengganggu aktivitas tidur. Jangan terlalu banyak minum, terlalu banyak cairan mengakibatkan anda terbangun hanya untuk buang air kecil yang secara otomatis mengganggu tidur anda.
  • Hindari nikotin, kafein, dan minuman beralkohol pada malam hari. Itu semua dapat merangsang kamu tetap terbangun. Perokok sering mengalami gejala witdrawal di malam hari, dan merokok di tempat tidur sangat berbahaya. Hindari kafein paling tidak 8 jam sebelum tidur. Tubuh kamu tidak menyimpan kafein, tapi perlu waktu lama untuk menghilangkan rangsangan dan efek dari kafein tersebut. Alkohol, meskipun sering dipercaya bahwa alkohol bisa menjadi obat penenang, tapi sebenarnya alkohol dapat menggangu tidur.
  • Latihan fisik secara teratur. Aktivitas fisik yang teratur, terutama aerobik dapat membantu kamu tertidur dengan cepat dan membuat tidur kamu nyenyak. Lakukan latihan fisik kurang atau sama dengan 3 jam sebelum tidur.
  • Buatlah kamar tidur kamu dingin, gelap, tenang dan nyaman. Ciptakan ruangan yang nyaman untuk tidur, atur tingkat pencahayaan, suhu, kelembaban, sesuai pilihan kamu. Gunakan kelambu, penutup mata, penutup telinga, selimut, kipas angin, alat pelembab udara atau alat lainnya guna menciptakan suasana nyaman yang kamu inginkan.
  • Tidur lebih awal. Tidur siang mungkin dapat mengganti waktu tidur malam kamu. Waktu tidur di siang hari juga terbatas paling tidak hanya setengah jam dan itu pun biasa dilakukan di tengah hari. Apabila kamu bekerja pada malam hari, tutup jendela kamar kamu agar terhindar dari cahaya matahari, sebaliknya bagi kamu yang bekerja pada siang hari tapi masi kesulitan bila bangun pagi, biarkan terbuka jendla kamar kamu, dengan begitu sinar matahari masuk dan membantu membangunkan kamu.
  • Gunakan alas tidur dan bantal yang nyaman. Pemilihan tempat tidur berbeda2 tiap orang. Tapi kamu harus memastikan bahwa pilihanmu adalah yang ternyaman untuk kamu.
  • Melakukan rutinitas sebelum tidur. Sebelum tidur lakukanlah rutinitas yang mungkin bisa membantu tidur kamu seperti, latihan pernafasan, berendam air hangat, membaca buku, mendengarkan musik, dll.
  • Pergilah tidur ketika kamu merasa lelah . jika kamu tidak dapat tertidur antara 15-20 menit, bangun dan lakukan sesuatu. Dan kembali ke tempat tidur jika merasa lelah. Jangan memikirkan masalah, stress hanya akan menghalangi tidur kamu.
  • Minum obat tidur hanya untuk pilihan terakhir. Cek ke dokter sebelum mengkonsumsi obat tidur. Dokter akan memastikan bahwa obat yang kamu minum tidak mempengaruhi kondisi kesehatan kamu. Apabila kamu minum obat tidur maka haruslah diperhatikan dosisnya, jangan mencampur obat tidur dengan alkohol. Jika kamu masi merasa ngantuk dan malas sampai siang hari, maka tanyakan kembali ke dokter tentang dosisnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: