Rencana Kenaikan Gaji Presiden dan Menteri Sedang Dibahas

Jakarta, (Analisa)

Wacana kenaikan gaji ternyata tidak hanya untuk para Menteri Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) Jilid II.

Kenaikan gaji rencananya akan disusun mulai dari Presiden hingga ke struktur bawah lembaga negara.

Menurut Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa, saat ini Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara tengah (Menpan) tengah merumuskan struktur dari semua lembaga negara seperti apa.

“Jadi tidak cuma menteri yang naik tapi semua struktur. Menpan kaitannya dengan struktur itu tadi, dari Presiden sampai bawah,” ujar Hatta di sela menghadiri rapat koordinasi KIB di Istana Wakil Presiden (Wapres), Jakarta, Minggu (25/10)

Terkait anggaran untuk kenaikan gaji tersebut, lanjut Hatta, tentunya sudah diantisipasi oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani.

“Namun eksekusinya tentu akan banyak pertimbangan yang harus dilakukan oleh Menpan,” jelasnya.

Menko Perekonomian Hatta Radjasa mengatakan saat ini pengaturan gaji menteri pada kabinet Indonesia Bersatu (KIB) II sedang dalam pembahasan.

“Pengaturan gaji tertuang dalam peraturan pemerintah. Saya tidak bilang pasti naik, namun ada pertimbangan,” ujarnya seusai pelepasan peserta gerak jalan di Gedung Menko Perekonomian, Jakarta, Minggu (25/10).

Ia menjelaskan kenaikan dan pengaturan gaji menteri berbeda dengan sistem remunerasi yang memerlukan parameter kinerja jelas, karena pengaturan mengenai gaji merupakan amanah dari peraturan pemerintah.

“Ini berbeda dengan sistem remunerasi yang merupakan hasil reformasi birokrasi di setiap departemen karena remunerasi bisa turun tergantung dari kinerja yang dilakukan,” ujarnya.

Sebelumnya pada Jumat (23/10) Menteri Sekretaris Negara Sudi Silalahi mengatakan rencana kenaikan gaji menteri bukan muncul bersamaan dengan kabinet baru.

“Hanya gaji menteri dan presiden/wakil presiden yang belum naik, namun semuanya didahului dengan aturan, tidak serta merta naik,” ujarnya.

Menneg Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi EE Mangindaan menambahkan kenaikan gaji akan ditentukan berdasarkan kondisi keuangan pemerintah.

Mantan Meneg Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Paskah Suzetta menambahkan diperlukan sistem remunerasi dan penggajian yang jelas untuk para menteri karena beban kerja dan tantangan berat untuk menopang keberhasilan presiden menjalankan tugas. (Ant)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: